Hot Topic

    Friday, April 3, 2015

    Ternyata makan sayuran dan daging segar sangat berbahaya dan dilarang untuk ibu hamil

    by kusuma dewi  |  in nutrisi ibu hamil at  6:30 AM

    Trikmenjagakehamilan - Asupan gizi yang berasal dari makanan sehat sangat diperlukan bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan, terlebih pada saat rawan, yaitu pada masa awal kehamilan trisemester pertama. Makanan yang baik untuk dikonsumsi haruslah yang memiliki kandungan tinggi kalsium dan juga protein, sehingga sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang janin. Kenapa seorang ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang berkalsium tinggi, penyebabnya adalah pada masa kehamilan, janin akan sangat bergantung dengan ibunya, dan pertumbuhannya terjadi dengan menyerap darah dari ibunya. Maka dari itu, seorang harus selalu mengkonsumsi kalsium dan protein dalam jumlah yang cukup untuk memberikan asupan nutrisi terbaik bagi janin dalam kandungannya.

    Makanan segar memang baik untuk kesehatan, namun saat hamil, sebaiknya berhati-hati mengkonsumsi makanan jenis ini. Karena jika tidak benar dalam mencuci dan menyajikannya, bukannya kesehatan yang akan diperoleh, namun bisa jadi malah virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh. Sayuran segar, terutama yang bukan organik, sangat rentan akan Salmonella, Vibrio cholera, parasit TORCH, dan juga kontaminasi bahan pestisida berbahaya. Kontaminan berbahaya yang terdapat pada sayuran segar yang tidak dicuci dan dibersihkan dengan baik ini, tentunya akan dapat mengganggu kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin yang sedang dikandungnya.

    bahaya-makan-sayur-daging-segar-saat-hamil

    Sedangkan daging dan ikan segar yang dikonsumsi tanpa dimasak secara matang terlebih dahulu, seperti dibuat sashimi, atau daging yang dimasak setengah matang, meskipun akan menjaga kandungan protein didalamnya tidak rusak, namun sangat rentan pula terhadap beberapa macam bakteri. Jadi lebih baik bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan matang daripada makanan yang mentah. Jika ingin mengkonsumsi juice buah segar, cucilah buah dengan air mengalir dan celup beberapa saat pada air matang atau panas.

    Untuk itu bagi anda ibu hamil, sebaiknya lebih bijak lagi dalam mengkonsumsi makanan yang anda makan. Karena saat anda hamil anda tidak hanya mengkonsumsi makanan untuk diri anda sendiri, melainkan anda juga mengkonsumsi untuk nutrisi tumbuh kembang janin yang ada didalam kandungan anda. Ingat untuk selalu tetap sehat bunda :)



    0 comments:

    Proudly Powered by Blogger.