Hot Topic

    Monday, April 6, 2015

    Wajarkah colostrum air susu ibu keluar pada saat hamil usia 5 bulan

    by kusuma dewi  |  in Tips Ibu Menyusui at  12:00 AM

    Trikmenjagakehamilan - Dalam sebuah percakapan di forum tentang ibu hamil dan menyusui ada seorang ibu muda yang bertanya kepada anggota forum lain 
    pentingnya-colostrum-pada-air-susu-ibu-saat-hamil

    Tiba2 suamiku ngomong gini "kok ada rasa asinnya sih?". Lalu di pencet PD yg satu lagi. ternyata ada cairan bening yg keluar bunda. Sebelumnya sih aku memang blm pernah melakukan pijat PD. Krn aku pernah browsing kalo pijat PD dilakukan ketika usia kandungan 6-9 bln krn kalo terlalu awal bisa memicu kontraksi. kecuali buat bunda yg punya neeple masuk ke dalam. tp klo kebersihan selama ini aku bersihin pake air aja. intinya aku belum melakukan perawatan PD selama kehamilan ini.
    Nah, yg jadi pertanyaannya, itu kah yg disebut dengan kolostrum bunda? usia kehamilanku skrg 14w (jalan 15w). Krn penasaran tadi sore abis mandi aku pencet lagi dan emg keluar cairan bening spt kemarin malam dan ga banyak. Keluarnya cuma kalo dipencet aja. Apa iya sih bund UK yg skrg udah keluar kolostrumnya? jadi takut bund, kalo2 ada kelainan.

    Sebenarnya apakah colostrum itu? Kemudian apakah manfaat dan kegunaanya? Colostrum atau yang dalam bahasa indonesia disebut kolostrum adalah air susu yang biasanya keluar pertama kali di hari pertama hingga hari ketiga setelah anda melahirkan. Kolostrum ini berbentuk zat kental yang berwarna kekuningan. Kolostrum ini sangat penting bagi bayi anda nantinya karena dalam kolostrum ini ada nutrisi yang sangat tinggi.

    Kolostrum yang terkandung dalam air susu yang ada di dalam payudara anda itu ternyata telah diproduksi sejak anda masih dalam masa kehamilan. Kolostrum atau colostrum ini telah diproduksi sejak minggu ke-31 kehamilan anda. Dilansir dalam pregnancycorner.com, hal ini ditunjukkan dengan mulai keluarnya kolostrum dari payudara anda pada usia kehamilan anda menginjak usia 31 minggu ini. 

    Jadi berdasarkan penjelasan diatas bahwa keluarnya kolostrum pada masa kehamilan merupakan hal yang wajar dan alami terjadi, jadi momy dan calon bunda yang lain tidak perlu khawatir akan hal ini. Bagi anda ibu muda yang sedang mengalami masa kehamilan, apalagi masa kehamilan pertama tentunya semua yang terjadi merupakan hal baru, sehingga tidak ada salahnya bunda sering-sering mencari informasi di internet, terutama yang bermanfaat untuk menjaga kandungan anda agar senantiasa sehat. Semoga sehat selalu bunda dan jangan lupa dibagikan bila artikel ini bermanfaat.



    0 comments:

    Proudly Powered by Blogger.