Hot Topic

    Thursday, April 9, 2015

    Cara melakukan tes kehamilan agar dperoleh hasil yang akurat

    by kusuma dewi  |  in Tips Ibu Menyusui at  10:30 PM

    Trikmenjagakehamilan - Tes kehamilan merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mengetahui kepastian apakah bunda sedang mengandung calon buah hati atau tidak. Walaupun sangat penting, banyak bunda yang belum tahu tentang cara melakukan tes kehamilan ini. Deteksi kehamilan saat ini selain dengan melihat tanda-tanda fisik dan psikologis seperti mual, mutah atau pusing dan sebagainya dapat dilakukan dengan menggunakan test pack. Namun perlu diketahui bunda ada tips dan trik khusus dalam penggunaan test pack ini agar diperoleh hasil tes kehamilan yang akurat.

    Lalu kapan dan bagaimanakah cara melakukan tes kehamilan? Ini mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para calon bunda. Perlu dipahami bahwa alat tes kehamilan dirancang untuk mendeteksi kadar HCG yang diproduksi oleh tubuh bunda jika sedang hamil. HCG merupakan singkatan dari "Human Chorionic Gonadotropin", Tubuh bunda mungkin sudah memproduksi HCG sebelum menstruasi namun sangat dianjurkan untuk menguji pada pagi hari pertama menstruasi karena hormon kehamilan HCG biasanya berada pada tingkat tertinggi. Hal ini dimaksudkan agar lebih akurat mengetahui hasil dari tanda-tanda kehamilan yang ditunjukkan. Untuk mengetahui cara kerja test pack dengan hormon HCG dapat dibaca artikel berikut : Apakah fungsi hormon HCG dalam tes kehamilan.

    cara-melakukan-tes-kehamilan-dengan-test-pack-dengan-hasil-akurat

    Karena meskipun test pack dianggap sebagai alat yang sangat valid untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan, hingga tingkat keauratannya 99%, namun pada prakteknya cukup sering test pack tidak memberikan hasil yang valid. Hal ini bisa terjadi mungkin karena kesalahan bunda dalam menggunakannya. Selain itu, memang ada beberapa wanita yang sudah hamil tetapi tidak memproduksi HCG yang tinggi, sehingga harus dicek di laboratorium terlebih dahulu baru diketahui bahwa sang bunda telah hamil berbulan-bulan.

    Ada beberapa kemungkinan yang dapat terjadi setelah melakukan tes ini. Jika menunjukkan hasil negatif, berarti kadar hCG bunda belum cukup tinggi. Bisa juga hasil yang ditunjukkan adalah positif namun palsu yang berarti tidak berkembang menjadi kehamilan. Dapat pula hasil dari test kadar hCG menjadi indikasi terjadinya keguguran spontan.



    0 comments:

    Proudly Powered by Blogger.