Hot Topic

    Wednesday, April 1, 2015

    Kegiatan-kegiatan yang sebaiknya dihindari saat hamil

    by kusuma dewi  |  in Tips Hamil Sehat at  11:36 PM

    Trikmenjagakehamilan - Lingkungan yang tidak bersih serta udara yang penuh polusi, merupakan salah satu penyebab munculnya aneka gangguan kehamilan. Namun selain itu ternyata kegiatan-kegiatan sehari-hari yang sering dilakukan oleh ibu hamil juga sangat berpotensi untuk menyebabkan gangguan kehamilan. Banyak sekali kegiatan ringan yang ternyata merupakan pemicu bagi masalah kehamilan. Jadi aktivitas apa sajakah yang sebaiknya dihindari saat anda sedang dalam masa kehamilan, berikut ulasannya.

    Meski hamil, tidak berarti seorang ibu hamil akan mudah melepaskan semua aktivitas hariannya. Sayangnya terkadang aktivitas tersebut juga membahayakan kehamilan ibu terutama janin yang dikandungnya. Virus seperti Toxoplasma, Influenza, hingga bakteri Salmonella, banyak sekali mengincar kesehatan ibu yang sedang hamil.

    aktivitas-yang-dihindari-saat-hamil


    Aktivitas yang merupakan pencetus gangguan kehamilan sebenarnya bukanlah sebuah aktivitas yang berat, namun justru kegiatan-kegiatan ringan yang sering seorang ibu hamil lakukan, seperti dibawah ini :

    1. Saat ibu sedang hamil hindari memegang benda ini

    Benda-benda yang umum ditemukan seperti uang, pintu toilet, pegangan pintu, transportasi publik, hingga sayuran di pasar bisa jadi merupakan salah sumber pencetus gangguan pada ibu hamil. Benda-benda tersebut dapat menjadi sarana bagi perpindahan virus, bakteri atau parasit seperti influenza, Salmonella, Vibrio cholera, dan Toxoplasma.

    Untuk mengatasi hal itu ada baiknya anda selalu mencuci tangan dengan sabun setelah memegang benda-benda tersebut. Selain itu, bila harus bersentuhan dengan gagang pintu di pertokoan misalnya, cobalah membukanya dengan cara mendorong pada sisi lain pintu.

    2. Menjenguk orang sakit

    Saat menjenguk kerabat atau teman yang sakit, ada baiknya bila ibu hamil mengenakan masker sebagai pelindung pada saat bercakap-cakap. Hindari bersentuhan dengan penderita penyakit yang cara penularannya dengan kontak tubuh seperti hepatitis B, campak jerman, cacar air, dan lain sebagainya.

    3. Hindari menggunakan barang-barang pribadi secara bersama-sama

    Meski satu keluarga, tidak berarti ibu hamil bebeas untuik mengenakan peralatan mandi, atau baju bergantian dengan anggota lain di rumah. Ibu tidak pernah tahu aktivitas apa saja yang sudah dilakukan oleh anggota keluarga yang lain. Untuk menghindari dari paparan barang-barang tercemar, sebaiknya pisahkan peratalatan ibu dengan peralatan anggota keluarga yang lainnya.



    0 comments:

    Proudly Powered by Blogger.