Tips dan trik tetap sehat bagi ibu hamil selama berpuasa dengan melakkukan hal ini

Trikmenjagakehamilan - Menjaga kehamilan tetap sehat merupakan hal yang sangat penting terlebih saat bunda berpuasa. Ada baiknya sebelum berpuasa, konsultasikan terlebih dulu pada dokter ahli kandungan. Jika dokter mengatakan bunda dalam keadaan sehat, maka bunda dapat melakukan hal ini. Tapi ingat, jangan memaksakan diri. Saat berpuasa, perbanyaklah asupan gizi yang bisa didapat dari makanan kita saat sahur. Agar selalu sehat saat hamil selama berpuasa, bunda dapat mengikuti tips-tips berikut ini :

1. Saat sahur, makanlah makanan berprotein dan karbohidrat tinggi agar bunda memiliki cukup energi selama berpuasa. Untuk mendapatkannya, bunda dapat mengkonsumsi daging karena protein dalam daging cukup tinggi sehingga kebutuhan protein bunda akan terpenuhi. Untuk karbohidratnya nasi merah, ubi atau roti gandum adalah beberapa pilihan makanan dengan kandungan karbohidrat yang baik untuk bunda. Makanan sehat saat hamil akan sangat berguna bagi ibu dan janin yang yang dikandungnya - momnkiddy.blogspot.com

2. Jangan makan makanan yang terlalu manis karena makanan manis akan membuat bunda merasa cepat lemas. Lebih baik bunda mengonsumsi vitamin C karena bisa menjaga vitalitas tubuh. Selain itu, minumlah air putih yang banyak agar saat berpuasa bunda tidak kekurangan cairan.

3. Tips ibu hamil yang berikutnya adalah pastikan bunda cukup istirahat. Sediakan porsi yang lebih untuk istirahat dan jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat, seperti mengangkat barang yang terlalu berat.

trik-agar-selalu-sehat-selama-berpuasa-saat-hamil

4.Segera batalkan puasa jika bunda merasa lelah dan jangan memaksakan diri jika bunda sering muntah dan merasa mual. bunda juga sebaiknya segera berbuka jika terkena diare, mimisan, atau pusing.

5. Saat berbuka, makanlah makanan yang manis. Makanan manis bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Jangan meminum minuman dingin karena bisa membahayakan lambung. Dan ingat, tidak baik jika bunda makan yang berlebihan. Makanlah makanan berkarbohidrat dengan porsi cukup, seperti kolak atau kurma.

6. Makanan berat bisa dimulai setelah salat magrib. Jangan kalap saat berbuka karena bunda justru akan merasa lemas. Makanlah secukupnya dan lanjutkan dengan salat tarawih.

Puasa adalah kewajiban bagi umat Muslim. Tidak heran jika banyak bunda yang tetap ingin berpuasa walaupun sedang hamil. Meskipun boleh, bunda tetap harus memperhatikan asupan gizi untuk janin selama berpuasa. Satu hal yang paling penting adalah niat. Jika niat bunda kuat, maka bunda pasti mampu menjalankan ibadah puasa meski sedang mengandung. Semoga tips dan trik tetap sehat dalam menjalankan puasa saat hamil ini bermanfaat, tetap jaga kesehatan diri dan sang buah hati bunda. momnkiddy.tk

Comments