Nutrisi penting pada menu makanan sehat pendamping asi untuk bayi usia 7 bulan

Tipsibumenyusui - Ada beberapa zat gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam makanan sehat pendamping asi untuk bayi berusia 7 bulan, karena pada perkembangannya pada usia 7 bulan bayi anda sudah dapat mengembangankan gerakan-gerakan ringan, seperti menggerakan badan untuk meraih benda-benda yang didekatkan kepadanya. 

Pada beberapa contoh kasus, bayi yang berusia 7 bulan juga sudah mulai berkembang beberapa organ pencernaannya seperti ditandai dengan adanya pertumbuhan gigi (meskipun tidak menutup kemungkinan bayi anda tumbuh gigi pada usia lebih awal atau pada usia setelah itu).

Mulai dari usia 7 bulan bayi juga akan mengalami pertumbuhan yang semakin pesat sehingga membuat anda harus lebih berhati-hati agar perkembangan bayi anda tidak terganggu, seperti misalnya menjauhkan benda-benda yang berbahaya di dekat bayi anda atau memilihkan mainan yang cocok dan sesuai dengan bayi usia 7 bulan.

Selain berhati-hati dalam menjaga, untuk memperoleh perkembangan motorik dan fisik yang baik harus didukung dengan asupan zat gizi yang penting dan harus terkandung pada MPASI untuk bayi usia 7 bulan. Makanan bayi pendamping Asi yang tepat akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan sesuai usia perkembangan bayi anda.

nutrisi wajib pada menu makanan sehat pendamping asi untuk bayi usia 7 bulan


Berikut ini adalah beberapa nutrisi penting yang Dibutuhkan Bayi Usia 7 Bulan


Makanan sehat pendamping ASI (MPASI) untuk bayi berusia 7 bulan sebaiknya mengandung nutrisi dan zat gizi sebagai berikut :

Karbohidrat

Bayi selain memperoleh manfaat ASI, makanan pendamping adalah salah satu cara untuk mendapatkan karbohidrat sehingga menghasilkan energi. Anda dapat memberikan karbohidrat kompleks dalam bentuk bubur atau tim saring dengan porsi yang sesuai sehingga tidak mengakibatkan gangguan kesehatan, obesitas.

Mineral

Mineral yang dibutuhkan pada usia 7 bulan adalah zat besi untuk membangun hemoglobin di dalam tubuh, kalsium yang berperan dalam meningkatan pertumbuhan tulang dan gigi,kromium adalah nutrisi yang membantu proses metabolisme insulin di dalam darah.

Lemak Sehat

Kandungan lemak sehat yang terdapat pada ikan dan buah alpukat merupakan kebutuhan bagi bayi anda di usia 7 bulan, dengan asupan lemak sehat sesuai porsi yang dibutuhkan bayi anda maka akan membantu dalam penyerapan vitamin, seperti vitamin D,A,K dan E.

Comments