Hot Topic

    Sunday, October 11, 2015

    Apakah benar ibu penderita darah tinggi harus melahirkan bayinya secara cesar??

    by kusuma dewi  |  in tips kesehatan at  9:30 PM

    Tipshamilsehat - Melahirkan dengan cara sehat dan normal tentunya menjadi keinginan para ibu di luar sana, namun tidak jarang karena satu dan lain hal seorang ibu harus mau tidak mau untuk melahirkan si buah hati secara cesar. Namun sayangnya, seperti operasi pada umumnya, operasi cesar tidak bisa lepas dari resiko. Beberapa resiko seperti mengalami rahim pecah pasca melakukan operasi sesar lebih besar dari pada kelahiran secara normal. Hal ini disebabkan karena luka sayatan operasi cesar lebih mudah robek yang membuat rahim menjadi lebih lemah.

    penyakit darah tinggi pada saat hamil dapat menyebabkan melahirkan secara operasi cesar

    Kebanyakan dari ibu hamil biasanya juga akan merasa kecewa apabila mereka harus menjalani kelahiran dengan operasi caesar terlebih apabila kondisi ini tidak terduga sebelumnya. Lalu yang ingin kita bahas pada artikel kali ini adalah, benarkah jika ibu hamil menderita tekanan darah tinggi / Hipertensi (hypertension) diwajibkan untuk harus melakukan kelahiran dengan cara operasi cesar?

    Sebenarnya menurut kajian medisnya memang ada pengaruh antara tekanan darah yang tidak normal terhadap kondisi kehamilan. Tekanan darah yang tidak normal dan cenderung tinggi dapat memberikan berbagai resiko terhadap kondisi kehamilan dan janin Anda. 

    Resiko yang paling mungkin terjadi adalah berkurangnya aliran darah menuju ke plasenta. Seperti yang ibu ketahui, bayi di dalam kandungan mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen dari aliran darah yang menuju placenta. Ketika aliran darah ini berkurang, berarti asupan nutrisi dan oksigen untuk bayi juga akan menurun. Hal ini tentunya akan mempengaruhi pertumbuhan bayi yang ada didalam kandungan menjadi tidak normal dan lebih beresiko bagi ibu hamil untuk melahirkan bayi di bawah berat badan normal. 

    Selain aliran darah yang berkurang, tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan pemutusan plasenta dari uterus sebelum waktunya. Kejadian tersebut sangat berbahaya karena dapat menyebabkan bayi kehabisan oksigen dan perdarahan hebat pada ibunya.

    Peristiwa inilah yang sebenarnya dapat memicu untuk harus segera dilakukan tindakan operasi cesar demi menyelamatkan ibu dan bayi yang ada didalam kandungannya. Untuk itu bagi anda ibu hamil penderita darah tinggi / hipertensi dan sedang mengandung si buah hati tidak perlu khawatir, selama anda selalu menjaga kesehatan kehamilan dan rajin berkonsultasi dengan dokter ahli kandungan anda, Maka kemungkinan untuk dapat melahirkan secara normal akan selalu selalu ada. Keep Happy and Healthy Always bunda! :)



    0 comments:

    Proudly Powered by Blogger.