Hot Topic

    Friday, November 27, 2015

    Berbagai kandungan dan manfaat memberikan asi eksklusif bagi bayi

    by kusuma dewi  |  in tips kesehatan at  6:35 AM

    Tipscaramerawatbayi - Apa yang terlintas didalam pikiran bunda saat mendengarkan kata asi, mungkin otak bunda akan langsung membayangkan sejuta manfaat yang terdapat didalam air susu ibu ini. Sedemikian pentingnya ASI, komitmen internasional pada pertemuan di Italia di tahun 1990 pun mengeluarkan Deklarasi Innocenti. Deklarasi ini kemudian menyepakati perlunya kampanye ASI melalui pekan ASI sedunia (World Breast-Feeding Week) pada setiap minggu pertama bulan Agustus.

    Berjuta Manfaat ASI

    Secara alami ASI memang diciptakan sebagai makanan yang mengandung zat gizi paling lengkap bagi awal kehidupan bayi. UNICEF, American Academic of Pediatrics (AAP) dan World Health Organization (WHO) pun merekomendasikan agar bayi mendapatkan Colostrum (cairan ASI yang keluar di hari pertama dan kedua setelah melahirkan) sebagai obat alami yang aman bagi bayi untuk melawan infeksi yang biasanya menyertai saat bayi baru lahir. 

    Karena saat bayi sudah melewati tanggal prediksi lahir, biasanya akan berpotensi untuk terkena infeksi ketika dilahirkan. Hal ini ditandai dengan tingginya sel darah putih (leukosit) di dalam tubuh bayi saat dilakukan tes laboratorium (biasanya dokter anak menyarankan mengambil tindakan tes lab ini untuk memastikan bayi sehat dan normal). serta memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan untuk menjamin kecukupan gizi bayi.

    manfaat colostrum DHA AA yang terkandung dalam ASI

    WHO juga merekomendasikan ibu untuk tetap menyusui bayinya sampai berusia dua tahun. Senada dengan WHO, Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) No 450 tahun 2004 pun merekomendasikan hal yang sama.

    ASI mengandung banyak nutrisi, hormon, enzim, untuk pertumbuhan dan kekebalan tubuh yang diturunkan ibu ke bayi. Dari berbagai penelitian medis. yang telah dilakukan, terbukti bayi yang sejak lahir sampai enam bulan diberi ASI eksklusif tumbuh kembangnya jauh lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

    Manfaat ASI-terutama yang diberikan secara eksklusif-berikut mungkin bisa membuat anda tidak sabar ingin segera melakukannya untuk buah hati.

    Manfaat Colostrum yang mengandung Gizi dan Nutrisi didalam ASI.

    ASI rnenqandunq banyak nutrisi, hormon, enzim, untuk pertumbuhan dan kekebalan tubuh yang diturunkan ibunya ke bayi. Salah satunya adalah colostrum yang mengandung zat kekebalan yang berfungsi untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi, terutama diare. Asi juga mengandung zat gizi Taurin, yaitu adalah sejenis asam amino kedua terbanyak yang terdapat didalam asi yang berperan penting sebagai fungsinya untuk proses maturasi sel otak. Selain itu asi juga mengandung DHA dan AA- yaitu asam lemak tak jenuh yang diperlukan untuk pembentukan sel – sel otak  secara optimal dengan komposisi yang tepat, sehingga pembentukan sel otak bayi tumbuh dan berjalan dengan sehat dan normal.

    Manfaat ASI untuk memperkuat Imunitas bayi baru lahir.

    Dengan kandungan lmmunoglobulin A(Ig. A) dalam Colostrum, Laktoferin (protein yang mengandung zat kekebalan). Lisosym (enzim yang melindungi bayi terhadap bakteri E. coli, bakteri salmonella dan virus). Serta factor bifidus yang menunjang pertumbuhan baktcri baik di usus bayi, maka Perkembangan bakteri yang merugikan akan terhambat. Tidak hanya itu, risiko penyakit kronis seperti kanker, jantung, hipertensi, dan diabetes setelah dewasa pun juga akan ikut menurun.



    0 comments:

    Proudly Powered by Blogger.