Hot Topic

    Tuesday, December 29, 2015

    Rahasia dibalik manfaat jika memberikan ASI eksklusif bagi ibu dan si bayi

    by kusuma dewi  |  in Tips Ibu Menyusui at  9:56 AM

    Tipsmemperlancarasi - Berbagai macam kandungan zat gizi yang terdapat di dalam ASI sangat diperlukan untuk untuk perkembangan dan pembentukan sistem saraf otak bayi. Menurut ketua Kelompok Kerja ASI IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), Prof. Rulina Suradi mengungkapkan, berdasarkan penelitian yang dia lakukan, anak-anak yang tidak diberi ASI rnerniliki IQ (lntellectual quotient) lebih rendah 7-8 poin dibandingkan dengan anak-anak yang diberi ASI.

    Menghisap puting payudara ibu akan membuat koordinasi saraf untuk menelan, mengisap, dan bernapas pada bayi baru lahir dapat berkembang lebih sempurna.

    cara memberikan asi eksklusif yang baik dan benar

    Manfaat memberikan ASI ekslusif untuk memperkuat Jalinan Emosi.
    ASI juga memberikan pengaruhpositif bagi aspek psikologi bayi dan ibu. Interaksi yang terjadi, seperti sentuhan kulit dan tatapan mata penuh kasih dari ibu akan memberikan rangsangan positif bagi bayi. Bayi akan merasa aman dan nyaman kerena merasakan kehangatan tubuh dan mendengar denyut jantung ibu yang sudah dikenal sejak masih didalam rahim. Studi yang dipublikasikan dalam Archives of Disease in Childhood menyatakan bahwa bayi yang disusui ibunya cenderung lebih tenang dan tidak mudah gelisah untuk waktu yang lama.

    Selain berbagai kebaikan nutrisiuntuk bayi bunda diatas, Memberikan ASI secara eksklusif bagi si buah hati juga merupakan salah satu cara ber KB yang alami. Itulah yang merupakan efek samping positif bagi bunda dan si buah hati. Semoga dengan mengetahui informasi ini semangat bunda untuk memberikan ASI eksklusif selalu membara, salam para pejuang ASI :D



    0 comments:

    Proudly Powered by Blogger.