Hot Topic

    Saturday, January 2, 2016

    Jenis - jenis senam yang biasa dilakukan ibu hamil untuk membantu mempermudah proses melahirkan

    by kusuma dewi  |  in Tips Hamil Sehat at  10:30 PM

    Trikmenjagakehamilan - Pada jaman dahulu, banyak para ibu muda sering menyepelekan mengenai pentingnya senam hamil untuk membantu memperlancar proses kelahiran. Mereka lebih percaya pada gerakan - gerakan dasar dalam membersihkan rumah seperti mengepel lantai sambil jongkok untuk membantu memepermudah bayi masuk ke jalan lahir. Namun sekarang ini seiring berkembangnya teknologi dan mudahnya para ibu memperoleh informasi seputar kehamilan, mereka mulai sadar akan pentingnya senam hamil untuk kesehatan janin dan kandungan mereka.

    Bahkan sekarang ini bisa dibilang senam hamil merupakan sebuah trend positif yang biasa dilakukan ibu - ibu hamil, yang sudah sangat difasilitasi baik oleh rumah sakit maupun klinik - klinik bersalin. Terbukti dengan banyaknya kelas - kelas yang mengajarkan senam hamil di klinik maupun rumah bersalin baik di kota - kota besar maupun di daerah.

    Menyadari akan pentingnya gerakan - gerakan dalam senam hamil ini untuk memperlancar proses melahirkan, tahukah bunda apa sajakah tahapan dan jenis senam ini? Esisenberg (1996) membagi senam hamil menjadi empat tahap dimana setiap tahapnya mempunyai manfaat tersendiri bagi ibu hamil. Tahap dan manfaat senam hamil yaitu:


    contoh gerakan senam hamil untuk relaksasi janin

    1. Senam Aerobik
    Merupakan aktifitas senam berirama, berulang dan cukup melelahkan, dan gerakan yang disarankan untuk ibu hamil adalah jalan-jalan. Manfaat dari senam aerobik ini adalah meningkatkan kebutuhan oksigen dalam otot, merangsang paru-paru dan jantung juga kegiatan otot dan sendi, secara umum menghasilkan perubahan pada keseluruhan tubuh terutama kemampuan untuk memproses dan menggunakan oksigen, meningkatkan peredaran darah, meningkatkan kebugaran dan kekuatan otot, meredakan sakit punggung dan sembelit, memperlancar persalinan, membakar kalori (membuat ibu dapat lebih banyak makan makanan sehat), mengurangi keletiham dan menjadikan bentuk tubuh yang baik setelah persalinan.

    2. Kalestenik
    Latihan berupa gerakan-gerakan senam ringan berirama yang dapat membugarkan dan mengembangkan otot-otot serta dapat memperbaiki bentuk postur tubuh. Manfaatnya adalah meredakan sakit punggung dan meningkatkan kesiapan fisik dan mental terutama mempersiapkan tubuh dalam menghadapi persalinan.

    3. Relaksasi
    Merupakan latihan pernapasan dan pemusatan perhatian. Latihan ini bisa dikombinasikan dengan katihan kalistenik. Manfaatnya adalah menenangkan pikiran dan tubuh, membantu ibu menyimpan energi untuk ibu agar siap menghadapi persalinan.

    4. Kebugaran Panggul (biasa disebut kegel)
    Manfaat dari latihan ini adalah menguatkan otot-otot vagina dan sekitarnya (perinial) sebagai kesiapan untuk persalinan, mempersiapkan diri baik fisik maupun mental. 



    0 comments:

    Proudly Powered by Blogger.