Resep menu makanan sehat pendamping asi untuk bayi 6 bulan

Tipsibumenyusui - Resep makanan sehat untuk anda ibu menyusui yang memiliki bayi berusia 6 bulan. Bayi yang mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan sudah mulai bisa diberikan makanan pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhan gizinya dan merangsang bayi untuk mengenali rasa dan tekstur makanan. Bayi berusia 6 bulan bisa diberikan Makanan sehat untuk bayi usia 6 bulan berupa pure atau bubur halus.

Ibu menyusui dapat memberikan makanan pendamping ASI untuk bayi usia 6 bulan dari pure secara bertahap teksturnya. Pada awal pemberian MPASI sebaiknya ibu memberikan makanan dari pure yang encer karena bayi sudah terbiasa untuk mengkonsumsi ASI sebelumnya. Kemudian tekstur makanan bayi usia 6 bulan bisa dibuat semakin kental sesuai dengan pertambahan usianya.

Karena bayi ibu yang semakin bertumbuh dengan sehat sesuai dengan usianya, gizi bayi kemudian tidak hanya bisa dipenuhi dengan pemberian ASI secara eksklusif saja. Seiring dengan pertambahan usianya, bayi membutuhkan beragam zat gizi yang berbeda dibandingkan dengan usia sebelumnya. Bayi akan mulai membutuhkan zat besi untuk mendukung pertumbuhannya menjadi sehat dan lebih lincah dari sumber makanan lain selain ASI mulai usia 6 sampai 9 bulan.

Untuk ibu menyusui yang ingin membuat sendiri makan pendamping asi bagi bayinya yang masih berusia 6 bulan, hal penting yang perlu diingat adalah jangan memberikan bahan tambahan termasuk gula atau garam ke dalam makanan bayi usia 6 bulan. Kenapa hal tersebut tidak boleh dilakukan adalah karena fungsi ginjalnya yang belum sempurna. Makanan untuk bayi yang sehat sebaiknya dibuat dari bahan sayuran dan buah – buahan organik. Jika tidak ada sayuran atau buah organic maka cukup dengan buah dan sayuran yang segar dan harus dicuci hingga benar – benar bersih agar bebas dari pestisida dan bakteri berbahaya.

Berikut ini contoh resep menu makanan sehat untuk bayi usia 6 bulan


resep makanan pendamping asi untuk bayi 6 bulan bahan-ikan salmon

Resep MPASI Bubur Ikan Sarden

Bahan :


  • 25 gram beras putih/merah
  • 25 gtam kacang merah yang direbus dan kemudian dihaluskan
  • 40 gram ikan sarden, dicincang
  • 500 ml dari sari tomat (bisa anda dapatkan dari jus tomat segar tanpa bahan campuran) 
  • 20 gram tahu yang dihaluskan






Cara membuat :


Beras merah dicuci kemudian campur dengan sari tomat yang telah dijus, masak hingga beras empuk dan mengental (kurang lebih 20 menit). Pada saat 20 menit, kemudian campurkan dengan tahu, ikan sarden, kacang merah yang telah dihaluskan kemudian aduk hingga rata sampai semua bahan tercampur. Bubur siap di sajikan selagi hangat.

Comments