Makanan sehat pendamping asi untuk bayi usia 10 bulan puree ayam kampung

TrikmenjagakehamilandanTipsmerawatbayi - Kini memasuki usia 10 bulan bayi anda semakin aktif,  melakukan gerakan-gerakan tubuh, peranan dari berbagai anggota tubuhnya semakin dinamis. Bahkan anak anda mulai untuk berdiri dan mencoba berjalan dengan bantuan benda disekitar dia berdiri. Untuk itu dibutuhkan nutrisi makanan yang tepat untuk bayi usia 10 bulan yang sangat penting dalam mensupport bayi melakukan berbagai aktivitas tumbuh kembangnya. 

Dengan kemampuan bayi yang mulai berusia 10 bulan ini, tak heran jika anda lebih merasa kerepotan dengan perkembangan di usia ini. Dimana perkembangan bahasa bayi semakin meningkat, banyak kata yang sering diucapkan pada usia ini. Anda dapat melibatkan bayi anda di dalam beberapa situasi, pelibatan ringan ini akan menambah kemampuan keyakinan pada bayi anda. 

Aktivitas yang dilakukan oleh bayi anda yang semakin aktif sehingga membutuhkan lebih banyak asupan energi dalam menyesuaikannya. Pada usia 10 bulan, bayi sudah mempunyai kemampuan mengunyah makanan dan menelan dengan baik. Anda dapat melatihnya dengan membiarkan anak anda makan dengan sendiri. 

Perhatikan pula nutrisi pada bayi anda dan makanan bayi dengan jenis yang beragam dan bervariasi. Selain asi yang terbaik, kebutuhan-kebutuhan lainnya seperti, cairan pada bayi dapat anda penuhi dari susu formula atau makanan tambahan. Hampir semua jenis buah dan sayuran baik untuk bayi anda, akan tetapi ada baiknya ibu menyusui menghindari sayur yang tinggi serat dan buah-buahan mengandung alkohol. 

Penambahan protein hewani bisa anda dapatkan dari berbagai jenis ikan yang rendah dengan kandungan mercury-nya. Bila anda ingin menambahkan daging unggas seperti ayam, disarankan ayam kampung, karena ayam kampung masih bersifat alamiah tidak mengandung bahan kimia dari pakannya. 

Untuk variasi menu Makanan Bayi usia10 Bulan ibu menyusui dapat membuat Tim Kentang Brokoli, dengan bahan-bahannya adalah sebagai berikut : 

Resep-makanan-pendamping-asi-bayi-usia-10-bulan-Tim-Brokoli-kentang-ayam-kampung
Puree Tim Brokoli kentang ayam kampung


  • 40 gram daging ayam kampung 
  • 100 gram tahu porong kecil-kecil
  • 200 gram kentang 
  • 120 ml air bersih 
  • 25 gram brokoli,potong potong 


Beginilah Cara Membuat makanan pendamping asi untuk bayi usia 10 bulan :

  1. Pertama-tama masukan daging ayam, kentang dan wortel ke dalam panci kemudian tambahkan air hingga mendidih. 
  2. Masak brokoli hingga lunak, kira-kira 10 menit.
  3. Hidangkan segera Tim Kentang Brokoli yang mengandung gizi yang cukup tinggi. 

Berikut kandungan nutrisi untuk MPASI bayi usia 10 bulan diatas yaitu : kentang yang merupakan sumber karbohindrat yang baik bagi tubuh bayi. Brokoli dengan kandungan vitamin C dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan pada bayi. 

Untuk variasi menu MPASI Bayi 10 Bulan ibu menyusui juga dapat membuat cemilan sehat. Pada bayi usia 10 bulan, cemilan yang diberikan sudah boleh mendekati makanan dewasa akan tetapi anda juga masih harus selektif karena pencernaannya masih rentan. Struktur makanan harus masih diperhatikan, tidak menggunakan bahan kimia (pengawet, pewarna,perasa berlebih) sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan untuk anak anda. 

Jika anda masih was-was dengan kandungan produk cemilan bayi instant yang beredar dipasaran, cemilan sehat MPASI dapat dibuat dengan mudah.

Untuk tips resep cemilan sehat MPASI kali ini dengan membuat Agar Sari Buah. Berikut Bahan-bahannya : 

Resep-camilan-sehat-mpasi-bayi-usia-10-bulan-Membuat-agar-Puding-sari-Buah
Cemilan sehat MPASI agar-agar puding sari buah


  • 1 bungkus agar-agar tanpa rasa 
  • 1 gelas jus mangga 
  • ½ gelas perasan jeruk mandarin 
  • 2 gelas air putih 
  • ½ sendok makan gula putih 


Beikut Cara Membuatnya :

  1. Campurkan satu bungkus agar-agar tanpa rasa dengan ½ sendok makan gula putih. 
  2. Kemudian tambahkan dua gelas air, satu gelas jus mangga, dan ½ gelas perasan jeruk mandarin hingga mendidih. 
  3. Masukan dalam cetakan sesuai selera.

Kandungan yang terdapat dari buah jeruk dan mangga memberikan energi untuk membantu kebutuhan bayi anda. Kandungan lemak tak jenuh di dalam mangga, bagus dalam perkembangan pertumbuhan bayi. Selain itu kandungan vitamin c yang terdapat di dalam jeruk sangat baik dalam membantu daya tahan tubuh bayi anda. Anda dapat mengganti buah-buahan sesuai dengan kebutuhan bayi anda setiap harinya.

Comments