Hot Topic

    Thursday, June 9, 2016

    Nutrisi yang harus ada pada makanan sehat pendamping asi untuk bayi usia 6 bulan

    by kusuma dewi  |  in Tips Ibu Menyusui at  6:25 PM

    Tipsibumenyusui - Bayi yang berusia 6 bulan sudah mulai bisa diberikan makanan bayi pendamping asi untuk usia 6 bulan yaitu dapat berupa pure atau bubur halus. Ibu menyusui dapat memberikan Makanan kepada bayinya yang berusia 6 bulan dari pure secara bertahap teksturnya. 

    Makanan pendamping asi (MPASI) untuk bayi berusia 6 bulan diberikan sedikit demi sedikit pada saat pertama pemberian agar bayi terbiasa dengan rasa dan teksturnya. Jumlah pemberian makanannya bisa ditambah seiring dengan perkembangan bayi. Pemberian makanan sedikit demi sedikit juga bertujuan untuk mengetahui reaksi alergi makanan pada bayi. Biasakan bayi untuk mengkonsumsi Makanan bayi usia 6 bulan dari pure sayur agar saat dia tumbuh besar nanti tidak susah makan sayur karena sudah terbiasa dari kecil.

    Lalu nutrisi apa saja yang dibutuhkan/wajib ada pada usia bayi 6 bulan? Bayi pada usia 6 bulan merupakan tahapan awal untuk mendapatkan asupan nutrisi selain dari ASI, sehingga MPASI harus benar-benar disesuaikan dengan tumbuh kembang bayi anda. Adapun kebutuhan nutrisi pada usia 6 bulan adalah sebagai berikut :


    Protein

    Protein akan membantu dalam memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh pada bayi anda sehingga mampu mengontrol fungsi tubuh oleh enzim. Protein yang didapatkan dari ikan laut akan tetapi anda juga harus memilih ikan dengan kandungan mercury yang rendah seperti ikan salmon atau ikan air tawar seperti, ikan lele. Daging ayam giling, daging sapi giling bisa menjadi campuran bubur untuk bayi usia 6 bulan.

    Vitamin

    Hampir semua mineral dan vitamin dibutuhkan dalam perkembangan bayi di usia 6 bulan. Vitamin A,B,K,E ,D dan vitamin C. Vitamin tersebut bisa dihasilkan dari beberapa sayuran seperti bayam, labu siam, brokoli, seledri, tomat dan wortel.Sumber buah-buahan yang disarankan pada bayi berusia 6 bulan adalah mangga, semangka, pisang, jeruk, pepaya, alpukat, pir dan apel.

    Lemak

    Lemak dibutuhkan sebagai sumber energi untuk bayi anda. Menyediakan asam lemak esensial dan vitamin larut merupakan kepentingan nutrisi yang harus dicukupi dalam usia 6 bulan. Lemak yang dihasilkan dari ikan sangat baik untuk perkembangan bayi anda di usia 6 bulan.

    Karbohidrat

    Merupakan sumber energi pertama yang dibutuhkan bayi anda untuk menyediakan energi selain dari ASI. Pada bayi 6 bulan karbohidrat yang dibutuhkan adalah 68,75 gram sampai dengan 89,39 gram. Kebutuhan karbohidrat bisa diperoleh dari beras putih atau beras merah.

    Pertumbuhan anak yang sehat dan normal sesuai dengan potensi genetik yang dimilikinya sangat dipengaruhi oleh intake zat gizi yang diperoleh dari asupan makanan yang sehat dan bernutrisi.



    0 comments:

    Proudly Powered by Blogger.