Hot Topic

    Saturday, June 11, 2016

    Variasi menu makanan sehat pendamping asi untuk bayi usia 7 bulan beserta manfaatnya

    by kusuma dewi  |  in Tips Ibu Menyusui at  5:30 PM

    Tipsibumenyusui - Memberikan makanan pendamping ASI sehat untuk bayi usia 7 bulan merupakan cara bunda untuk melatih dan memperkenalkan makanan padat pada bayi. Karena dalam perkembangannya bayi tidak selamanya mengkonsumsi makanan cair atau ASI. Pada masanya nanti tumbuh gigi maka anak anda akan menyukai makan seperti apa yang kita makan.

    Sebenarnya dipasaran ada banyak sekali makanan untuk bayi yang sudah siap saji dan praktis, seperti bubur bayi ataupun biskuit bayi instant. Akan tetapi karena alasan kesehatan dan keamanan makanan tersebut untuk bayi tentunya ibu tidak ingin sembarangan mencoba dan akan berusaha untuk membuat variasi resep menu makanan sehat pendamping asi (MPASI) untuk bayi bunda yang sekarang sudah berusia 7 bulan.

    Untuk itu kali ini kita akan mencoba memberikan inspirasi beberapa jenis bahan makanan yang dapat diolah menjadi MPASI untuk bayi usia 7 bulan yang sangat lezat untuk si kecil, Bahan yang kami jelaskan tentunya mudah di dapat dan juga murah selain itu sehat dan aman jika di konsumsi untuk bayi anda umur 6 hingga 7 bulan.

    Berikut ini jenis makanan bayi yang sangat aman. Kami merekomendasikan Anda berganti menu makanan baru setelah selang 3 hari agar mengetahui apakah bayi Anda alergi oleh makanan tertentu. Lebih baik lagi jika Anda sebelumnya berkonsultasi dulu dengan Dokter anak Anda.


    Makanan bayi dari sayuran berdaun hijau

    Sayuran hijau sangat tinggi dengan kandungan zat besi dan folat. Yang paling sering dijumpai dan menjadi image makanan yang tidak disukai anak kecil adalah brokoli, padahal sebenarnya brokoli sangat baik untuk asupan nutrisi karena mengandung folat, serat dan kalsium.

    Brokoli juga dikenal karena sifat melawan kanker. Berkat senyawa sulfur yang terkandung di dalam brokoli dan memiliki rasa yang unik yang dapat membantu mengembangkan selera bayi Anda.

    Contoh resep penyajian mudah brokoli untuk makanan pendamping asi bayi usia 7 bulan : cuci brokoli hingga bersih, kukus hingga bertektur lembut tanpa menggunkan bumbu. Coba berikan untuk bayi Anda setelah dingin. Mungkin Anda tidak percaya dan heran bayi Anda sangat menyukainya.

    variasi-Resep-menu MPASI-Rumahan-Brokoli-untuk-Bayi-usia 7 bulan

    Makanan bayi dari bahan buah - buahan

    Jeruk mandarin adalah salah satu makanan yang sangat tinggi vitamin C dan antioksidan. Kami yakin bayi Anda akan sangat menyukainya. Pastikan dari bahan jeruk mandarin yang manis dan tidak sedikitpun asem atau asam.

    Ide untuk penyajiannya: bisa di potong kecil-kecil dan letakkan di mangkuk, biarkan bayi Anda menikmati sajian yang mudah dan sangat bermanfaat ini dengan senang hati.

    Selain jeruk makanan pendamping asi untuk bayi usia 7 bulan yang lazim ditemui yaitu labu. Labu merupakan sumber vitamin A dan C, secara alami manis dan memiliki tekstur lembut yang di sukai bayi. Labu sangat mudah di olah menjadi makanan bayi terutama pada usia 7 bulan, di antaranya adalah dengan membuat sayur bening.

    Kemudian ada Bluebery, buah ini adalah makanan yang mengandung anthocyanin yang baik untuk mata bayi Anda, otak dan saluran bahkan kemih. Bluebery bisa di sajikan dengan sup blueberry tanpa banyak capuran bahan lain.

    Alpukat adalah buah yang kaya lemak tak jenuh. Bahkan banyak penelitian yang menunjukkan komposisi lemak agak mirip dengan ASI. Lemak tak jenuh adalah jenis lemak yang baik untuk bayi dan berguna juga untuk perkembangan otak. Alpukat Bisa di sajikan dengan cara dijus atau di saring dengan saringan makanan bayi sehingga memiliki tekstur makanan yang lembut.

    variasi resep Menu MPASI untuk bayi usia 7 bulan buah alpukat labu

    Makanan bayi dari bahan daging

    Banyak yang tidak menyangka bahwa daging bisa untuk makanan bayi yang lezat dan menyenangkan bayi dan yang pasti banyak manfaatnya. Daging adalah sumber seng dan zat besi.

    Daging untuk bayi sebaiknya di rebus hingga sangat empuk dan nyaman untuk bayi walaupun dia tidak menggigitnya, pastikan daging yang berkualitas baik untuk bayi Anda.

    resep menu mpasi untuk bayi usia 7 bulan berbahan Daging halus saring



    0 comments:

    Proudly Powered by Blogger.